Introduction

Music Gives a soul to the universe, wings to the mind, flight to imanigation, and life to everything - Plato

 "Music is a higher revelation than all wisdom and philosophy", demikian kata Beethoven. Komponis kondang itu tidak mengada-ada. Music - Baik yang berasal dari mancanegara maupun yang ada dan hidup di Bumi Pertiwi - memang bukan sesuatu yang kosong. Seperti pelbagai wujud kebudayaan lainnya, musik selalu mengandung nilai-nilai tertentu didalamnya, nilai-nilai yang dihayati dan dihidupi oleh orang atau komunitas yang melahirkan serta memilikinya. Musik bahkan juga menampung perasaan, hasrat hati, dan rahasia kalbu penggubahnya. Itu sebabnya, secara serius mendengarkan musik adalah mendengarkan isi hati penggubahnya, mendengarkan kebijaksanaan hidup komunitas yang melahirkan dan menghidupinya.

Ada kalanya, nilai-nilai hidup atau rahasia kalbu itu adalah ihwal yang bergitu khusus dan dalam sedemikian rupa sehingga orang tak sangggup mengungkapnnya dengan kata-kata. Ada kalanya, rahasia kalbu itu adalah sesuatu (nilai, makna, pesan, harapan, cita-cita, jalan, tujuan, dan sebagainya) yang tak boleh dibiarkan tersembunyi apalagi terabaikan, tetapi ia begitu rupa padat makna dan padat nuansa hingga kata-kata tak mungkin sanggup menampung atau merangkumnya. Musiklah yang sanggup menampung, merangkum, dan mengekspresikan hal yang tak dapat terkatakan itu. "Music", demikian kata Victor Hugo, "expresses that which cannot put into words and that which cannot remain silent".

Demikianlah, repertoar musik petang ini tak lain adalah ajakan agar kita semua mengasah jiwa dan memperkaya nurani dengan keindahan musikal segala bangsa beserta nilai dan semangat yang terangkum didalamnya. Tentu saja, musik bukan segala-galanya. Tetapi musik - dengan nilai serta semangat didalamnya - adalah hal yang sangat berarti bagi hidup sedemikian rupa sehingga Plato secara metaforis mengatakan "Music give a soul to the universe, wings to the mind, flight to imagination, and life to everything".